Rural School Global Thinking

Top reviews

Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Seden Binaga

Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Seden Binaga

"Hari Kesaktian Pancasila" adalah sebuah hari peringatan yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia. Hari ini memperingati peristiwa G30S/PKI (Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia) pada tahun 1965.

Pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965, terjadi percobaan kudeta militer yang dilakukan oleh sekelompok anggota militer yang terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Upaya kudeta ini gagal dan berujung pada pertumpahan darah yang besar, di mana beberapa jenderal dan perwira tinggi militer diculik dan dibunuh. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan "Gerakan 30 September" atau G30S.

Akibat peristiwa ini, pemerintah Indonesia mengambil tindakan keras terhadap PKI dan kelompok-kelompok terkaitnya. Ini memicu gelombang pembunuhan massal dan kekerasan yang dikenal dengan sebutan "Penghancuran PKI" atau "Operasi Tumpas".

Pada tanggal 1 Oktober, sejumlah jenderal yang diculik tewas dalam peristiwa yang dikenal sebagai "Pengkhianatan G30S". Untuk mengenang jasa-jasa para jenderal yang gugur dalam peristiwa ini dan memperingati keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menumpas G30S/PKI, ditetapkanlah tanggal 1 Oktober sebagai "Hari Kesaktian Pancasila".

Hari Kesaktian Pancasila menjadi hari libur nasional di Indonesia, dan umumnya diperingati dengan upacara kenegaraan dan kegiatan-kegiatan lain yang mempromosikan nilai-nilai Pancasila, ideologi dasar negara Indonesia. Pancasila adalah falsafah atau ideologi dasar yang mengandung lima prinsip, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Demi mengenang peristiwa itu, seden binaga menggelar upacara bendera tepat pada tanggal 1 Oktober 2023 bertepatan dengan hari Minggu. Hari yang seharusnya adalah hari libur tetapi para guru dan para siswa tetap antusias untuk melaksanakannya.





















Berikut adalah link Streaming Upacaranya
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Categories

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Recent Posts