Rural School Global Thinking

Top reviews

Uji coba dan Gladi bersih pelaksanaan ANBK seden binaga

Uji coba dan Gladi bersih pelaksanaan ANBK seden binaga

Beberapa hari kemaren yakni sekitar tanggal 17-18 Oktober 2023, sekolahan kami Seden Binaga mengadakan uji coba dan gladi bersih ANBK atau Assesmen Nasional Berbasis Komputer yang pelaksanaannya nanti di lakukan oleh Kemendikbudristek. 

Pelaksanaan Gladi ANBK


Sifat dari ANBK ini adalah semacam pengganti Ujian Nasional yang intinya adalah sebuah proses evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret beberapa aspek masukan, proses pelaksanaan dan output pembelajaran dari masing masing lembaga.

 

Keuntungan dari ANBK termasuk efisiensi dalam administrasi, pengolahan hasil yang cepat, dan adanya potensi untuk menyediakan ujian yang lebih interaktif. Namun, ada juga beberapa tantangan terkait dengan keamanan data dan akses teknologi yang harus diperhatikan.

ANBK sering kali digunakan dalam banyak negara sebagai alat untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pendidikan secara nasional atau regional. Hal ini memungkinkan pemerintah dan lembaga pendidikan untuk memantau tren dan membuat keputusan kebijakan berdasarkan data hasil ujian.



Hasilnya memang tidak 100% menggambarkan kondisi suatu sekolah, tetapi setidaknya 2/3 lah mewakili kondisi sekolah pengikut ANBK ini, karena peserta yang ditunjuk adalah termasuk siswa siswa pilihan.

Ada 3 jenis assesmen yang diukur atau dievaluasi pada ANBK ini yaitu:

1. Assesmen Literasi

2. Assesmen Numerasi 

3. Assesmen Karakter


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Categories

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Recent Posts