Rural School Global Thinking

Top reviews

Runtutan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K 13

Runtutan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K 13

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan tahapan penting dalam proses pembelajaran di sekolah. RPP harus disusun dengan baik dan sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk memastikan keberhasilan pembelajaran. Berikut ini adalah urutan penyusunan RPP yang benar:


Menetapkan tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus ditetapkan terlebih dahulu agar dapat menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan selama proses pembelajaran.


Menentukan indikator pembelajaran

Indikator pembelajaran harus disusun dengan jelas dan spesifik agar memudahkan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran.


Menentukan materi pembelajaran

Materi pembelajaran harus disusun dengan baik dan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013.


Menentukan metode pembelajaran

Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Menentukan teknik evaluasi pembelajaran

Teknik evaluasi pembelajaran harus disusun dengan baik dan sesuai dengan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan.


Menentukan alokasi waktu pembelajaran

Alokasi waktu pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.


Menentukan sumber belajar

Sumber belajar harus dipilih dengan tepat agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik.


Menentukan strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran.

Menyusun RPP

Setelah semua tahap di atas selesai, RPP dapat disusun dengan lengkap dan rinci agar memudahkan guru dalam mengajar dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Dengan urutan penyusunan yang benar, RPP dapat menjadi panduan yang baik untuk guru dalam menjalankan proses pembelajaran di kelas.

Refleksi

Setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan, guru harus melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Refleksi ini penting dilakukan agar guru dapat mengevaluasi keefektifan metode dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran serta memperbaiki kekurangan yang ada di dalamnya. Refleksi juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan RPP selanjutnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Categories

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Recent Posts